PERANCANGAN PROMOSI DIGITAL MEDIA PONDOK PESANTREN DARUL MA’ARIF INDRAMAYU SEBAGAI SARANA UNTUK MENCAPAI BRAND AWARENESS

muhammad ilham taufiq, Kusnadi Kusnadi, Rosy Febriani Daud, Unang Solihin

Abstract


Promosi merupakan hal yang penting untuk memaksimalkan pemasaran sebuah produk atau jasa juga dalam menjangkau awareness pada konsumen. konten media sosial serta dibarengi dengan promosi video salah satu hal yang penting dalam sebuah bisnis dan juga lembaga-lembaga lainnya. Tujuan dari penelitian ini membuat perancangan promosi digital yang diimplementasikan berupa video promosi dan template feed Instagram serta pendukungnya seperti template story Instagram untuk meningkatkan kesadaran (awareness) pada masyarakat dan daya tarik calon peserta didik baru. Oleh karena video promosi dibuat secara menarik singkat dan informasi semua tersampaikan di dalamnya, dan template feed Instagram guna merapikan dan menjadi daya tarik juga. Selain itu penelitian ini menggunakan pendekatan Integrated Marketing Communication (IMC) untuk memastikan penargetan yang sesuai sehingga pesan yang ingin disampaikan tercapai dan efektif. Kemudian pada penelitian ini juga menggunakan beberapa software yang digunakan yaitu : Capcut dan Coreldraw. Kemudian hasil akhir dari penelitian ini berupa Video reels, template feed Instagram, template story, template frame reels.


Full Text:

PDF

References


Buku :

Belch, George. E., dan Belch, Michael. E. (2018), Advertising and Promotion An Integrated Marketing Communications Perspective (11th ed.), New York McGraw-Hill Education.

Kotler, Philip. (1983) , Dasar-dasar Pemasaran edisi kedua, hlm 59. Jakarta. Intermedia.

Prawira, S.D. (1999). warna Sebagai Salah Satu Unsur Seni dan Desain. Jakarta: Depdikbud.

Wheeler, A. (2018), Designing Brand Identity - An Essencial Guide For The Entire Branding Team. In Hoboken: John Wiley & Sons, Inc (Vol. 6, Issue 2).

Jurnal :

Aaker, D.A. (1992). The Value of Brand Equity, Journal of Business Strategy. Emerald Backfiles 2007.

Afrilia, A. M. (2018). Digital Marketing Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran “Waroenk Ora Umum” Dalam Meningkatkan Jumlah Konsumen. Jurnal Riset Komunikasi, 1(1), 147–157. https://doi.org/10.24329/jurkom.v1i1.21.

Al Haq, S. dan Patria, A. (2022) Perancangan Template Feed Instagram Sebagai Media Promosi Cafe Ulala (Unesa Learning Laboratory). Surabaya.

Ardiansyah, Dkk. (2021). Strategi Integrated Marketing Communication SMA Al-Islam Krian dalam Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun 2023-2024. Surabaya. Universitas 17 Agustus 1945.

Megadini, R. dan Anggapuspa, M, L. (2021) Perancangan Feed Instagram Sebagai Media Promosi Tape Ketan Surabaya.

Novalia. Dkk. (2021) Pemanfaatan Aplikasi Tiktok sebagai Media Promosi untuk Meningkatkan Brand Awareness (Studi Kasus pada PT. ES Teh Indonesia). Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta.

Novrian, A., dan Fajar, M. (2021). Integrated Marketing Communication Kedai Sodare Kopi Dalam Meningkatkan Brand Awareness. Universitas Negeri Jakarta.

Permatasari, Dkk. (2021) Proyek Meningkatkan Brand Awareness Forget Me Not Coffee Melalui Video Promosi di Instagram. Bandung.

Ulyah, D. (2023) Perancangan Promosi Digital SMK CENDEKIA CIREBON Sebagai Sarana Promosi dan Informasi Penerimaan Peserta Didik Baru. Cirebon.

Zharandont, P. (2015) Pengaruh Warna Bagi Suatu Produk dan Psikologis Manusia. Bandung.

Internet :

Muharom, Alwi. (2022). 6 Alasan Memilih Pondok Pesantren Darul Ma’arif (diakses pada tanggal 10 Maret pukul 11:30) https://darulmaarif.net/alasan-memilih-pondok-pesantren-darul-maarif/.

Ramadhan, Dian. (2023). Alasan Mengapa Seorang Anak Harus Masuk Pesantren (diakses pada tanggal 11 Maret 2024 pukul 10:20) https://lampung.nu.or.id/pernik/alasan-mengapa-seorang-anak-harus-masuk-pondok-pesantren-GfyVF.

Santosa, bagus. (2022). Mahfud: Dulu Pesantren Terkesan Kumuh, Sekarang Sudah Megah (diakses pada tanggal 8 Maret 2024 pukul 14:02) https://nasional.kompas.com/read/2022/10/21/13365231/mahfud-dulu-pesantren-terkesan-kumuh-sekarang-sudah-megah.

Zainudin, HM (2013) Mengenal Dunia Pesantren .(diakses pada tanggal 9 Maret 2024 pukul 15:00 WIB), dari https://uin-malang.ac.id/r/131101/mengenal-dunia-pesantren.html.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 

Alamat Sekretariat / Redaksi

Program Studi Desain Komunikasi Visual
Universitas Catur Insan Cendekia (UCIC)
Jl. Kesambi 202 Kota Cirebon 45133Jawa Barat Indonesia
Telp.(0231) 220 250 / 220 260 / 200 418
Fax.(0231) 242 112, E-mail: jurnal.grafis@cic.ac.id
Website: https://jurnal.cic.ac.id/index.php/jurnalgrafis/