ANALISIS PENGARUH REBRANDING TERHADAP TERBANGUNNYA BRAND ASSOCIATION MEREK TAS EXSPORT PADA ANAK MUDA
Abstract
Rebranding merupakan langkah yang diambil untuk mengubah citra suatu perusahaan dan memiliki berbagai tujuan, salah satunya untuk menciptakan persepsi yang lebih positif dan relevan dengan pasar terkini. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur dampak rebranding yang dilakukan oleh brand tas Exsport pada tahun 2021 terhadap persepsi pelajar SMA dan mahasiswa. Metode penelitiannya adalah kuantitatif melalui penyebaran kuisioner, penelitian ini menganalisis perubahan brand association sebelum dan sesudah rebranding. Hasil penelitian diharapkan dapat menunjukkan sejauh mana rebranding berhasil membentuk citra brand Exsport yang lebih relevan dengan target audiens muda. Penelitian ini menunjukan pentingnya perencanaan yang matang dan pelaksanaan yang efektif dalam upaya rebranding untuk membangun engagement dengan konsumen muda.
Kata Kunci: Brand Association, Rebranding, Pelajar SMA, Mahasiswa
Full Text:
PDFReferences
Aldy Kusumah. (2022, December 5). Angle Lukito (Exsport Bags). Jeurnals. jeurnals.com/interview/angel-lukito-exsport-bags/
Amri Rasyid, R., Rizqina, R. M., & Eknomi Dan Bisnis Program Studi, F. S. (2019). ANALISA REBRANDING TERHADAP BRAND ASSOCIATION DENGAN BRAND IMAGE SEBAGAI MEDIASI TERHADAP BRAND LOYALTY PADA KONSUMEN GOJEK SURABAYA.
Bäcklund, E., & Kagstedt, M. (2019). Reaching Generation Z A qualitative study examining marketing communication channels for targeting Generation Z to establish brand awareness. www.liu.se
del Río, A. B., Vázquez, R., & Iglesias, V. (2001). The effects of brand associations on consumer response. Journal of Consumer Marketing, 18(5), 410–425. https://doi.org/10.1108/07363760110398808
Hindoyo, V. A., & Muljosumarto, C. (2024). Analisis Komparasi Visual Re-branding 3.6.9. Shanghai Dumpling & Noodle Berdasarkan Teori Brand Ideals. Nirmana, 24(2), 89–102. https://doi.org/10.9744/nirmana.24.2.89-102
Johnson, T. M. and S. (2002). Consignia plays the re‐branding name game – and loses. Strategic Direction, 18(10), 28–31. https://doi.org/10.1108/02580540210794049
Keller, K.L. (1993) Conceptualizing, Measuring, and Managing Customer-Based Brand Equity. Journal of Marketing, 57, 1-22. http://dx.doi.org/10.2307/1252054
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (14th edition). Shanghai: Shanghai People’s Publishing House.
Longwell, G. J. (1994). Managing brand equity: Capitalizing on the value of a brand name : David A. Aaker, The Free Press, New York (1991). Journal of Business Research, 29(3), 247–248. https://doi.org/10.1016/0148-2963(94)90009-4
Marc Gobe, M. G. (2001). Emotional Branding: The New Paradigm for Connecting Brands to People. Allworth Press.
Rasyid, R. A., & M, R. R. (2019). ANALISA REBRANDING TERHADAP BRAND ASSOCIATION DENGAN BRAND IMAGE SEBAGAI MEDIASI TERHADAP BRAND LOYALTY PADA KONSUMEN GOJEK SURABAYA. Ecopreneur.12, 2(2), 1. https://doi.org/10.51804/econ12.v2i2.495
Rogers, E. M., Singhal, A., & Quinlan, M. M. (2019). Diffusion of innovations. In An Integrated Approach to Communication Theory and Research, Third Edition (pp. 415–433). Taylor and Francis. https://doi.org/10.4324/9780203710753-35
Soleimani, M., Dana, L. P., Salamzadeh, A., Bouzari, P., & Ebrahimi, P. (2023). The effect of internal branding on organisational financial performance and brand loyalty: mediating role of psychological empowerment. Journal of Asian Business and Economic Studies, 30(2), 143–163. https://doi.org/10.1108/JABES-08-2021-0122
Stephani, A., & Rahardja Honantha, C. (2008). PADA PRODUK LOUIS VUITTON DI SURABAYA. In Jurnal Manajemen Teori dan Terapan | Tahun (Vol. 1, Issue 3). www.lvmh.com,
Thomas, J. F. (2016). ANALISA PENGARUH REBRANDING TERHADAP BRAND ASSOCIATION DENGAN BRAND IMAGE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING TERHADAP CUSTOMER LOYALTY PADA PT TELKOM INDIHOME SURABAYA.
Vania Jovita. (2024). Analisis Strategi Rebranding Exsport pada Tahun 2020 terhadap Perubahan Target Market yang Dituju. Adiwarna. https://www.adiwarna.petra.ac.id/category/thesis/2
Yosef Andre Sucahyo. (2017). PENGARUH BRAND ASSOCIATION, BRAND LOYALTY, BRAND AWARENESS, DAN BRAND IMAGE TERHADAP BRAND EQUITY PADA BRAND HAPPY BABY. 2.
Refbacks
- There are currently no refbacks.








