PERMAINAN “WHAT DO YOU MEME?” SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI PENERJEMAH KONDISI DENGAN PERSEPSI DAN EKSPRESI DIRI

Dafy Amarizza Rubama, Sri Retnoningsih

Abstract


Saat ini banyak berkembang komunikasi meme dalam media sosial, sering digunakan untuk menyampaikan berbagai pesan atau informasi dalam berbagai masalah, mulai dari penyampaikan aspirasi, kritik, ideologi, sindiran, lelucon, bahkan tentang tema Sejarah. Selain perkembangan meme di media sosial, juga terdapat permainan kartu meme yang saat ini banyak di jual dipasarkan di marketplace. Permainan tersebut bernama “What Do You Meme?”, permainan tentang persepsi yang membuka pengalaman melalui tampilan gambar-gambar ambigu. Permainan tersebut hampir mirip dengan alat tes psikologi Thematic Apperception Tes (TAT). Yaitu membaca dan berpendapat serta mengekspresikan diri terhadap sebuah gambar. Dalam kajian ini akan mencoba menganalisa permainan “What Do You Meme?”, bagaimana permainan kartu Meme tersebut, menelusuri manfaatnya, serta menelaah bagaimana bentuk permainan komunikasi gambar berdasarkan caption dan foto dalam kartu tersebut, serta sejauh mana pemahaman atau makna visual dari gambar foto dari kartu tersebut dipahami. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, pengumpulan data, kuesioner, dan dokumentasi. Penelitian ini menemukan permainan yang memiliki potensi membangun kesadaran komunikasi, sebagai bentuk komunikasi verbal dan nonverbal yang kreatif dan menuntun untuk berekspresi yang efektif.

 

Kata Kunci: komunikasi, permainan kartu, meme 


Full Text:

PDF

References


https://www.gameslearningsociety.org/what-do-you-meme-game-review/

Gregory Benoit. 2023. What do you Meme? An Investigation of Social Media and Mathematical Identity. Journal of Urban Mathematics Education. Vol.16 No.1. https://jume-ojs-tamu.tdl.org/jume/article/view/490

Beskow, D. M., Kumar, S., & Carley, K. M. (2020). The evolution of political memes: Detecting and characterizing internet memes with multi-modal deep learning. Information Processing and Management, 57(2), 102170.

Suswandari dkk. 2022. Eksistensi Meme Sejarah dalam Wacana Membangun Kesadaran Sejarah: Studi Kasus Facebook Fanpage ‘Neo Historia Indonesia’. https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/fhs/index.

Joshua D. Brown. 2020. What Do You Meme, Professor? An Experiment Using “Memes” in Pharmacy Education. https://www.mdpi.com/2226-4787/8/4/202

Rahmaniar Natsir, dkk. 2022. Penggunaan Permainan Media Kartu Kata Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Nyaring Siswa Kelas II UPT SD Negeri 17 Binamu Kabupaten Jeneponto. Pinisi Journal of Education. Vol. 2 No. 5. https://eprints.unm.ac.id/33852/

Khairunnisak. 2015. Penggunaan Media Kartu sebagai Strategi dalam Pembelajaran Membaca Permulaan : Studi Kasus di Madrasah Ibtidiyah negri Rukoh, banda Aceh. Jurnal pencerahan. Vol.9, no.2 - 81

Widarti. 2022. Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca melalui Media Kartu Kata Bergambar Siswa Kelas I Sekolah Dasar. https://jurnal.uns.ac.id. workshop Penguatan Kompetensi Guru 2022

Shardul Suryawanshi, dkk. 2020. Multimodal Meme Dataset (MultiOFF) for Identifying Offensive Content in Image and Text. Multimodal Meme Dataset (MultiOFF) for Identifying Offensive Content in Image and Text.

Xiaoyi Sun. 2024. Copyright Concerns and Meme Morality. Advances in Journalism and Communication.Vol.12.No.3-428.

https://www.scirp.org/journal/paperinformation?paperid =135684


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 

Alamat Sekretariat / Redaksi

Program Studi Desain Komunikasi Visual
Universitas Catur Insan Cendekia (UCIC)
Jl. Kesambi 202 Kota Cirebon 45133Jawa Barat Indonesia
Telp.(0231) 220 250 / 220 260 / 200 418
Fax.(0231) 242 112, E-mail: jurnal.grafis@cic.ac.id
Website: https://jurnal.cic.ac.id/index.php/jurnalgrafis/