PERANCANGAN ENSIKLOPEDIA VISUAL MENGENAI KOSTUM TARI TOPENG PANJI GAYA SLANGIT

Cintiya Afriandi Erma Putri, Yuni Awalaturrohmah Solihah, Tiara Khodijah

Abstract


Cirebon memiliki banyak tradisi, alam, istiadat, sejarah, warisan leluhur dan beragam kreativitas seni dan desain. Tari Topeng Cirebon merupakan kesenian yang populer di Cirebon. Tari Topeng Cirebon memiliki 5 Gaya dari daerah sendiri yaitu Gaya gegesik, Losari, Palimanan, Indramayu dan yang paling sering ditampilkan adalah Gaya Slangit. Penari dituntut tidak hanya untuk bisa menari namun memerankan apa yang ingin disampaikan dalam Tari Topeng sendiri, salah satunya melalui visual kostum untuk memperkuat karakter. Panji adalah tokoh utama dalam Tari Topeng Cirebon Gaya Slangit. Dalam Perancangan ini penulis akan membuat Ensiklopedia yang bertujuan menjadi media informasi sekaligus membantu target dalam mengetahui apa saja yang ada pada Tari Topeng Cirebon terutama Panji Gaya Slangit.

Pada perancangan Ensiklopedia ini penulis melakukan tahapan tersebut yaitu pengumpulan data, pengkajian data, penjaringan ide dan implementasi desain. Pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi, wawancara, kuesioner, studi pustaka dan referensi multimedia. Pengkajian dilakukan dengan melakukan pengolahan data menggunakan teori analisis visual berdasarkan kerangka pemikiran Edmun Feldman dan analisis 5W+1H. Penjaringan ide dilakukan dengan mengumpulkan referensi dari berbagai sumber guna memperkuat media yang akan dibuat. Langkah terakhir yaitu implementasi desain sesuai dengan konsep perancangan yaitu menggunakan teknik pendekatan visual berupa Fotografi dan Ilustrasi., dibantu dengan teks yang sudah diolah agar mudah dalam penyampaian dan pengemasan ensiklopedia itu sendiri.


Kata Kunci : Tari, Topeng, Panji, Kostum, Ensiklopedia


Full Text:

PDF

References


Adita, Gina Fitria. “Makna Filosofis Tari Topeng Cirebon Menggunakan Eksplorasi Visual Dalam Video Mapping Performance.” Jurnal Tingkat Sarjana bidang Senirupa dan Desain No.1 (t.thn.).

Agasi, Muhammad Reza. Estetika Fotografi Still Life pada Produk Online Shop Folk Store. Yogyakarta, 5 September 2017.

Angkawijaya, David, Soeharjo, Prasetryadi Budi. “Fashion Fotografi Sebagai Promosi Fashion Designer"Natalia Kiantoro".” Vol. 1 No. 4 (2014): 4.

Asmara, Wira. Tari Topeng Cirebon Gaya Slangit - Putu Panji Asmara Cintiya Afriandi. 13 Juni 2021.

cahbagoes. Sejarah Motif Batik Cirebon dan Penjelasannya. 20 Desember 2017. 16 Agustus 2021 .

David Victor Hariawan, Baskoro Surya, Yusuf Hendra. “Perancangan Foto Esai Kampung Kue Di Surabaya.” (2017).

Dedi Rosala, Dewi Karyati, Frahma Sekarningsih,Heni Rohayani, Yoyoh Siti Mariah. Bunga Rampai Tarian Khas Jawa Barat. Bandung: Humaniora Utama Press, 2013.

Devina, Sela. “Perancangan Esai Fotografi Sebagai Penunjang Pelestarian Jaran Kencak Lumajang.” (2017).

Diananda, Amita. “Psikologi Remaja dan Permasalahannya.” ISTIGHNA, Vol. 1, No 1, Januari 2018 P- ISSN 1979-2824 (2018).

disparbud.jabarprov.go.id/wisata/ensiklo-det.php?id=83〈=id>. Topeng Cirebon. Bandung: Jurusan Tari STSI Bandung, 2009.

Dyah, Ayoeningsih. “Makna Simbolis pada Unsur Visual Kostum Tari Topeng Babakan CirebonKeni Arja di Desa Slangit.” ITB J. Vis. Art. Vol. 1 D, No. 2, 2007, 224-245 (2007): 224.

Ghozali, Moh Afrizal. “Penciptaan Buku Ilustrasi Tari Topeng Panji Malangan Untuk Mempopulerkan Budaya Tradisional Kota Malang Kepada Remaja.” (2015).

Heriyawati, Yanti. Seni Pertunjukan dan Ritual. Bandung: Penerbit Ombak, 2016.

Indrianto, Septa Adi. Perancangan Ensiklopedia Visual Pencak SIlat Jawa Timur Sebagai Upaya Pelestarian Budaya Indonesia. 2018: Intitut Teknologi Sepuluh November, 2018.

Irawan, Bambang dan Priscilla Tamara. DASAR - DASAR DESAIN Untuk Arsitektur, Interior - Arsitektur, Seni Rupa, Desain Produk Industri, Dan Desain Komunikasi Visual. Jakarta: Griya Kreasi (Penebar Swadaya Grup), 2013.

KBBI. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). t.thn. 30 april 2021 .

Kusrianto, Adi. Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Penerbit Andi Yogyakarta, 2007.

Lasmiyati. “Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan Tari Topeng Cirebon Abad XV - XX.” Patanjala Vol. 3, No. 3 September 2011 : 472-487 (2011): 472.

Martino, Tio. “Makna Simbolik Pertujukan Tari Topeng Klana Cirebon Gaya Palimanan.” JurnalSeni Tari 8 (2) (2019): 162-175.

Rifai, Akhmad. Kostum Tari Topeng Cirebon Cintiya Afriandi. 13 November 2021.

Soewardikoen, Didit Widiatmoko. Metode Penelitian Desain Komunikasi Visual. Graha Ilmu, 2015.

Sofiyawati, Nina. Kajian Gaya Hias Singa Barong dan Paksinagaliman Dalam Estetika Hibriditas Kereta Kesultanan Cirebon. Bandung: Institut Teknologi Bandung, 2017.

Solikhun dan Bintang Hanggoro Putra. “Suwitri : Inspirator dan Kreator Tari Topeng Panji Gaya Tegal.” (2019).

Suanda, Toto Ambar. Sobrah atau Tekes. t.thn. 16 Agustus 2021

Sujana, Anis. “Kajian Visual Busana Tari Topeng Tumenggung Karya Satir Wong Bebarang Pada Masa Kolonial.” Panggung Vol.25 No.2 (2015): 138-149.

Suryaatmadja, Maman. Topeng Cirebon Dalam Perkembangan Serta Peranan dalam Masyarakat Jawa Barat Khususnya didaerah Cirebon. Bandung: Akademi Seni Tari Indonesia (ASTI),2015.

Suwanda, Toto Ambar. Tari Topeng Panji Sebagai Tari Meditasi. Bandung: Akademi Seni Tari Indonesia (ASTI), 1988.

Toto Amsar Sunda, Risyani, Lalan Ramlan. Menjelajahi Topeng Jawa Barat. Bandung: Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Propinsi Jawa Barat, 2015.

Wijaya, Yasin Surya. “Nilai Karakter Pada Struktur Simbolis Visual Topeng Panji Gaya Yogyakarta.” Volume 18 Nomor 1 (2020): 52-60.

Yuhanda, Genik Puji. “Pesan Dalam Tarian Topeng Panji.” Komversal : Jurnal Komunikasi Universal (2017).

Zaedin, Muhammad Mukhtar. Cerita Panji Dalam Naskah Kuno Cintiya Afriandi. 21 November 2020.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 

Alamat Sekretariat / Redaksi

Program Studi Desain Komunikasi Visual
Universitas Catur Insan Cendekia (UCIC)
Jl. Kesambi 202 Kota Cirebon 45133Jawa Barat Indonesia
Telp.(0231) 220 250 / 220 260 / 200 418
Fax.(0231) 242 112, E-mail: jurnal.grafis@cic.ac.id
Website: https://jurnal.cic.ac.id/index.php/jurnalgrafis/