PERANCANGAN 3D MODELLING DAN ANIMASI “TUGU KEJAKSAAN” DALAM UPAYA PENGARSIPAN DIGITAL MONUMEN SEJARAH CIREBON

Kartiko Dwi Nugroho, Rinaldi Adam, Dzulfikar Fickri Rosyid

Abstract


Proklamasi adalah puncaknya perjuangan Indonesia dalam membebaskan belenggu penjajahan. Akhirnya harapan bangsa untuk merdeka dari penjajahan terwujud dengan dicetuskannya Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945. Cirebon sendiri memiliki banyak bangunan peninggalan bersejarah yang memiliki nilai sejarah yang tinggi. Namun ada beberapa bangunan bersejarah yang bahkan tidak begitu diketahui banyak orang bahwa itu sebuah bekas peninggalan yang mengandung sejarah yang tinggi. Kurangnya media, serta informasi terkait dari sebuah bangunan bersejarah menjadi masalah yang terjadi di berbagai tempat. Oleh karena itu perlu adanya sebuah media yang memberikan informasi mengenai sejarah-sejarah tersebut. Salah satu dari bangunan bersejarah yang tidak banyak diketahui itu adalah Tugu Kejaksaan. Metode pengumpulan data didapat dari berbagai pihak terkait, kemudian di olah lagi menjadi sebuah titik temu baru untuk menentukan sebuah media 3D yang memang jarang dibuat dalam cakupan monumen bersejarah. Sehingga media ini dapat menjadi hal baru untuk membawa dampak baik ke depannya juga bertujuan mengingatkan kembali ke sejarah.


Kata Kunci : Perancangan, 3D, Animasi, Tugu Kejaksaan, Cirebon


Full Text:

PDF

References


Aditya. 2009. Trik Dahsyat Menjadi Animator 3D Handal. Yogyakarta: ANDI.

Djalle, Zaharuddin, G,. 2007. The Making of 3D Animation Movie Using 3Dstudio Max. Bandung: Informatika.

Gunawan, Bambi Bambang. 2013. Nganimasi Bersama Mas Be!. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Hidayatullah, P., Daswanto, A., Nugroho .S.P. 2011. Membuat Mobile Game Edukatif Dengan Flash. Bandung: INFORMATIKA.

Hugiono dan P.K. Poerwanto. 1992. Pengantar Ilmu Sejarah. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Kusumaningtyas, Ester Anggun. 2016. Perancangan Media Animasi 3 Dimensi Untuk Panduan Senam Pagi Anak. Surakarta: Fak. Seni Rupa dan Desain.

Ladjamudin, Al-Bahra. 2013. Analisis dan Desain Sistem Informasi, Yogyakarta, Graha Ilmu. Mulyanto, Agus. 2009. Sistem Informasi Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Munir. 2013.

MULTIMEDIA dan Konsep Aplikasi Dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta. Nafisah, Syifaun. 2003. Komputer Grafik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Rondhi, Moh. dan Anton Sumartono. 2002. Tinjauan Seni Rupa. Semarang: Fbs Unnes. Soetam, Rizky. 2011. Konsep Dasar Rekayasa Perangkat Lunak. Jakarta: PT. Prestasi Pustakarya.

Soma, Aria Hari. 2007. Student Guide Series Pengenalan 3DS MAX. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Sudjana, N dan Rivai, A. 2001. Media Pengajaran. Bandung: Sinar baru Algensindo.

Wikipedia Bahasa Indonesia. 2021, Mei 22. Tugu Kejaksaan Cirebon. Wikipedia. Diakses pada 22 Mei 2021 pukul 1:08 WIB.

International Design School. 2021, Mei 24. Apa Itu Animasi?. idseducation. Diakses pada 24 Mei 2021 pukul 23:59 WIB.

International Design School. 2021, Mei 22. Sekilas Tentang 3D Modelling Yang Perlu Kamu Tahu. idseducation. Diakses pada 22 Mei 2021 pukul 1:02 WIB.

APPKEY. 2021, Mei 24. Apa itu Modeling 3D? Hal-hal yang Perlu Kamu Ketahui Tentang 3D Modeling. markey. Diakses pada 24 Mei 2021 pukul 23:09 WIB.

DeFar. 2021, Mei 25. Pengertian Animasi 3D, Konsep, Tahap Pembuatan, dan Jenis. Qomaruna. Diakses pada 25 Mei 2021 pukul 00:05 WIB.

International Design School. 2021, Mei 24. Ini Dia 3 Teknik Modeling Animasi Menggunakan Aplikasi Permodelan 3D. idseducation. Diakses pada 24 Mei 2021 pukul 23:41 WIB.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 

Alamat Sekretariat / Redaksi

Program Studi Desain Komunikasi Visual
Universitas Catur Insan Cendekia (UCIC)
Jl. Kesambi 202 Kota Cirebon 45133Jawa Barat Indonesia
Telp.(0231) 220 250 / 220 260 / 200 418
Fax.(0231) 242 112, E-mail: jurnal.grafis@cic.ac.id
Website: https://jurnal.cic.ac.id/index.php/jurnalgrafis/