LITERATURE REVIEW: PERAN E-COMMERCE DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN UMKM DI ERA NEW NORMAL
Abstract
Abstrak
Melihat kecenderungan tingginya pemanfaatan e-commerce bagi konsumen untuk melakukan pembelian dan pemanfaatan e-commerce bagi pelaku usaha untuk melakukan pemasaran dan penjualan produknya. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran e-commerce dalam mendorong peningkatan pendapatan UMKM pada masa new normal. Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi pustaka (literature review). Hasil kajian menunjukkan bahwa peningkatan pemanfaatan teknologi informasi berupa e-commerce di era new normal juga merupakan salah satu upaya pelaku usaha UMKM untuk mendorong kemampuan atau keterampilan dari sumber daya yang dimiliki. Perbaikan tata kelola UMKM di masa lalu dengan penggunaan e-commerce memungkinkan perusahaan untuk mendorong terciptanya keuntungan karena peningkatan daya saing dan keunggulan kompetitif yang dimiliki perusahaan dibandingkan dengan perusahaan pesaing.
Kata kunci : Studi literatur, UKM, pendapatan, New NormalFull Text:
PDFReferences
Andini, M. F., Nafiza, F. S., Fernando, L., & Yunita, N. D. (2021). Peran E-Commerce Dalam Pengoperasian UMKM di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Manajemen Bisnis, 18(4), 502–522. https://doi.org/10.38043/jmb.v18i4.3285
Ariawati, S. (2005). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Underpricing Pada Penawaran Saham Perdana (IPO) (Studi Pada Perusahaan Go Public di Bursa Efek Jakarta tahun 1999-2003). Tesis, Universitas Diponegoro
Fadilah, A., Igo, I., Liza, A., Safira, F., Setyani, A., & Imam, B. (2020). Strategi UMKM untuk Meningkatkan Perekonomian selama Pandemi Covid-19 pada saat New Normal. OECONOMICUS Journal of Economics, 5(1), 46–62.
Firmansyah, I., Dermawan, W. D., Munawar, A. H., & Rahmani, D. A. (2021). Meningkatkan Daya Saing UMKM di Era New Normal Melalui Pendekatan Analytic Network Process (ANP). Jurnal Ekonomi Indonesia, 10(2), 173–187. https://doi.org/10.52813/jei.v10i2.68
Katadata. (2022). 19 Juta UMKM Indonesia Beralih ke Digital Makin Mendekati Target. https://katadata.co.id/desysetyowati/digital/624bbb91d24d0/19-juta-umkm-indonesia-beralih-ke-digital-makin-mendekati-target. Diakses pada 06 April 2023
Kemenkeu. (2020). UMKM Bangkit, Ekonomi Indonesia Terungkit. https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/13317/UMKM-Bangkit-Ekonomi-Indonesia-Terungkit.html. Diakses pada 06 April 2023.
Lokadata. (2019). Jumlah Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah, 2014-2019. https://lokadata.beritagar.id/chart/preview/jumlah-usaha-menengah-kecil-dan-mikro-2014-2019-1586254692. Diakses pada 06 April 2023.
Nalini, S. N. L. (2021). Dampak Dampak covid-19 terhadap Usaha MIkro, Kecil dan Menengah. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 4(1), 662–669. https://doi.org/10.36778/jesya.v4i1.278
Orinaldi, M. (2020). Peran E-commerce dalam Meningkatkan Resiliensi Bisnis diera Pandemi. ILTIZAM Journal of Shariah Economics Research, 4(2), 36. https://doi.org/10.30631/iltizam.v4i2.594
Rustandi, A. A., Harniati, & Kusnadi, D. (2020). Jurnal Inovasi Penelitian. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 599–597.
Sukirno, S. (2006). Ekonomi Pembangunan: Proses, Masalah, dan Dasar Kebijakan. Jakarta: Prenada Media Group
Tedjakusuma, B. dan. (2021). Membangun Pemulihan Keberlanjutan Usaha UMKM Indonesia di Era New Normal. Prosiding Seminar Nasional Sains Dan Teknologi Terapan, 9(1), 354–359. https://ejournal.itats.ac.id/sntekpan/article/view/2252
Todaro, Michael. P. (2000). Pembangunan Ekonomi di Dunia Ketiga. EdisiKetujuh, Terjemahan Haris Munandar. Jakarta : Penerbit Erlangga
DOI: https://doi.org/10.52061/ebi.v5i1.102
Refbacks
- There are currently no refbacks.