ANALISIS PENGARUH PANDEMI DAN PEMBELAJARAN SECARA DARING TERHADAP PRESTASI MELALUI VARIABEL INTERVENING KEADAAN EKONOMI MAHASISWA UNIVERSITAS SANGGA BUANA YPKP BANDUNG

Fuad Hardi Nugroho, Indah Widiya Ningsih, Eny Wahyuni, Iskandar Ahmaddien

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pandemi dan pembelajaran secara daring terhadap prestasi melalui variabel intervening keadaan ekonomi mahasiswa Universitas Sangga Buana YPKP Bandung. Dengan model regresi linier berganda dan sistem spss 26. Untuk pengambilan data, penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menyebarkan kuesioner kepada 88 responden di lingkungan universitas sangga buana ypkp bandung. Untuk metode uji penelitian yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas kolmogorov-smirnov regresi model 1 dan 2 serta uji analisa jalur. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini meliputi Pandemi (X1), Pembelajaran Secara Daring (X2), Keadaan Ekonomi Mahasiswa sebagai variabel intervening (X3) dan Prestasi (Y). Dimana total pengaruh langsung variabel Pandemi (X1), Pembelajaran Secara Daring (X2) dan Keadaan Ekonomi (X3) terhadap Prestasi (Y) Mahasiswa Universitas Sangga Buana YPKP Bandung sebesar 87,7% dan memiliki pengaruh yang signifikan sedangkan pengaruh tidak langsung Pandemi (X1) dan Pembelajaran Secara Daring (X2) terhadap Prestasi (Y) melalui variabel Intervening Keadaan Ekonomi (X3) Mahasiswa Universitas Sangga Buana YPKP Bandung sebesar 15,5% dan berpengaruh signifikan secara tidak langsung.

 

Kata kunci: Pandemi, Pembelajaran Secara Daring, Keadaan Ekonomi Mahsiswa, Prestasi


Full Text:

PDF

References


Hoskins, Barbara J. 2013. “Is Distance Learning Transformational?” Journal of Continuing Higher Education.

Jamaluddin, Dindin, Teti Ratnasih, Heri Gunawan, and Epa Paujiah. 2020. “Pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid-19 Pada Calon Guru : Hambatan, Solusi Dan Proyeksi.” Karya Tulis Ilmiah UIN Sunan Gunung Djjati Bandung.

Juariyah, Basrowi dan Siti. 2010. “Jurnal Ekonomi & Pendidikan, Volume 7 Nomor 1, April 2010.” Jurnal Ekonomi & Pendidikan.

Luthra, Poornima, and Sandy; Mackenzie. 2020. “4 Ways COVID-19 Could Change How We Educate Future Generations.” World Economic Forum.

Sagala, Syaiful. 2009. Kemampuan Profesional Guru Dan Tenaga Kependidikan: Pemberdayaan Guru, Tenaga Kependidikan, Dan Masyarakat Dalam Manajemen Sekolah.

Sugiyono. 2016a. “Definisi Dan Operasionsl Variabel Penelitian.” Definisi Dan Operasionsl Variabel Penelitian.

Sugiyono. 2016b. “Pengertian Uji Validitas Dan Reliabilitas Menurut Para Ahli.” Journal of Chemical Information and Modeling.

Syaiful Bahri Djamarah. 2006. “Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.” Syaiful Bahri Djamarah Dan Aswan Zain.

Tam, Gloria, and Diana El-Azar. 2020. “3 Ways the Coronavirus Pandemic Could Reshape Education.” World Economic Forum.

Arifin, Z. 2012. “Evaluasi Pembelajaran.” Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ghozali, Imam, and Dwi Ratmono. 2017. Analisis Multivariat Dan Ekonometrika.

Handoko, Hani. 2010. Manajemen Personalia Sumber Daya Manusia, Edisi Kedua.

Herliandry, Luh Devi, Nurhasanah, Maria Enjelina Suban, and Heru Kuswanto. 2020. “Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19 Luh.” Jurnal Teknologi Pendidikan.

Windhiyana, Ericha. 2020. “Dampak Covid-19 Terhadap Kegiatan Pembelajaran Online di Perguruan Tinggi Kristen di Indonesia.” Perspektif Ilmu Pendidikan.

Dewi, I. R. (2020). Pengelolaan Keadilan Distributif Terhadap Customer Affection Mitra Grab Karesidenan Banyumas. Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Industri, 02(01), 13–20.

UU No 20. 2003. “Undang-Undang Republik Indonesia No 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.” Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum.




DOI: https://doi.org/10.52061/ebi.v2i2.18

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 

Alamat Sekretariat / Redaksi

 

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Catur Insan Cendekia (UCIC)
Fakultas Ekonmi Dan Bisnis (FEB) UCIC
Jl. Kesambi 202 Kota Cirebon 45133Jawa Barat Indonesia
Telp.(0231) 220 250 / 220 260 / 200 418
Fax.(0231) 242 112, E-mail:lppm@cic.ac.id
Website: http://jurnaldigit.org