ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DEVELOPER PERUMAHAN DI JAWA BARAT UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING

Siti Havidotinnisa, Asep Sumarsana, Desy Kusuma Wardhani, Saryadi Saryadi

Abstract


Strategi pemasaran merupakan sebagian rangkaian upaya yang dilakukan perusahaan untuk memasarkan suatu produk baik itu barang atau jasa dengan menggunakan pola rencana dan taktik tertentu sehingga dapat bersaing dalam dunia bisnis yang semakin luas pertumbuhannya dan untuk mencapai tujuan perusahaan serta dapat memberikan waktu lebih lama untuk perusahaan berinovasi. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan strategi pemasaran yang cocok untuk meningkatkandaya saing perusahaan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian dengan analisis SWOT menunjukan bahwa dari hasil analisis melalui tahap matriks EFE, IFE, SWOT Kualitatif dan SWOT Kuantitatif didapatkan bahwa jenis- jenis strategi yang sesuai untuk Developer Perumahan di Jawa Barat adalah dengan menerapkan strategi pertumbuhan dikarenakan hasil penelitian memiliki hasil positif dikarenakan perusahaan berada pada kuadran I. Perusahaan harus lebih meningkatkan lagi kualitas pelayanan dari perusahaan sehingga para konsumen akan lebih loyal.

Kata kunci:Strategi Pemasaran Jasa, Daya Saing, Analisis SWOT


Full Text:

PDF PDF

References


Lontaan, J. M., Mananeke, M.. L., dan Tawas, N. H. (2019). Penentuan Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Keunggulan Bersaing Dengan Menggunakan Analisis SWOT di PT. Asuransi ASEI Indonesia Cabang Manado. Jurnal EMBA.Vol.7 No.4,Hal.5040-5048

https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/25755

Malonda, M. M., Moniharapon, M., dan Loindong, S. S. R. (2019). Analisis SWOT dalam Menentukan Strategi Pemasaran Pada Rumah Makan Baksi Baper Jogja. Jurnal EMBA Vol.7, No.3, Hal. 3827-3836. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/24882.

Poluan, F. M. A., Mandey S. L., dan Ogi, W. J. I. (2019). Strategi Marketing Mix Dalam Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Pada Minuman Kesehatan Instant Alvero). Jurnal EMBA. Vol. 7, No. 3, Hal 2969-2978. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/24043

Buku

Lovelock, L. A., dan Lauren, K. W. (2007). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: PT. Indeks Indonesia. Kotler, P, dan Amstrong, G. (2012). Prinsip-prinsip Pemasaran Edisi. 13. Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Muluk, K. (2008). Knowledge Management. . Malang: Lembaga Penerbit dan Dokumentasi FIA. Sofjan, A. (2013). Manajemen Pemasaran . Jakarta: Rajawali Pers.

Rangkuti, F. 2013. Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT Cara Perhitungan Bobot, Rating, dan OCAI. Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Suparyanto & Rosad. 2015. Manajemen Pemasaran, In Media, Yogyakarta. Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung




DOI: https://doi.org/10.52061/ebi.v7i2.415

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 

Alamat Sekretariat / Redaksi

 

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Catur Insan Cendekia (UCIC)
Fakultas Ekonmi Dan Bisnis (FEB) UCIC
Jl. Kesambi 202 Kota Cirebon 45133Jawa Barat Indonesia
Telp.(0231) 220 250 / 220 260 / 200 418
Fax.(0231) 242 112, E-mail:lppm@cic.ac.id
Website: http://jurnaldigit.org